Tsunami Mengerikan Pernah Menghacurkan New York?

Tsunami Mengerikan Pernah Menghacurkan New York? - Pernahkah terbayang New York yang demikian sibuk hingga dijuluki "kota tak pernah tidur" tiba-tiba kocar-kacir dihantam ombak tsunami yang mengerikan? Bila memang benar,seperti apa bentuk kota New York setelah itu?


http://koran.republika.co.id/images/news/2009/05/20090505173727.jpg

Demikian perdebatan yang telah berlangsung diantara kalangan ilmuwan terkait penemuan endapan sendimen dan kulit kerang yang berada antara Long Island dan New Jersey dan juga fosil kayu yang terlempar hingga ke sungai hudson.

Perdebatan kemudian menuntun para ilmuwan guna menyelidiki lebih lanjut, dugaan sementara "gelombang besar" menimpa New York 2300 tahun lalu. Kemudian diusulkan kembali agar memeriksa sedimen menggunakan radio karbon untuk memverifikasi waktu kejadian dan menciptakan kepastian dari rumor yang beredar.

Hasil verifikasi menyimpulkan kandungan sedimen berada jauh mendekati pusat kota New York dan New Jersey diindikasikan terdapat kekuatan besar yang menyapu wilayah pantai Utara Amerika 300 SM.

Namun hingga sekarang,para ilmuwan masih meragukan asumsi tersebut mengingat Samudera Atlantik minim potensi tsunami. Petunjuk lebih dekat mengarah kepada angin topan besar melanda New York City.

Ahli Ilmu Bumi Universitas Vanderbit, Steven Goodbred mengatakan keberadaan batuan besar, fosil laut, dan petunjuk-petunjuk lain yang terpusat pada area diperkirakan berusia 2300 SM. Bentuk dan distribusi material membutuhkan gelombang besar dan kekuatan untuk memgerakkan, hal itu tidak akan terjadi bila badai biasa.

"Jika kami salah, maka itu merupakan bagian dari angin topan," ucap Goodbred seperti yang diberitakan BBC.Perdebatan terkait kebenaran tsunami masih berlangsung. Pergerakan kulit bumi ditenggari menjadi sumber. Namun,kelompok ilmuwan lain menduga hal itu disebabkan jatuhnya asteroid.( republika.co.id )


loading...

This article may also you need...!!!




No comments:

Post a Comment