Sejak berita skandalnya terungkap, dan kecelakaan yang menimpanya terjadi pekan lalu, Tiger Woods langsung menjadi selebriti paling dicari di internet. Bahkan pihak Yahoo mengaku berita mengenai skandal Woods mampu meningkatkan pendapatan iklan Yahoo.

Dilansir melalui Associated Press, Jumat (11/12/2009), ini terbukti dengan meningkatnya akses ke situs pribadi pegolf ternama dunia ini. Di situs ini pula Woods memberikan pernyataan resmi mengenai kecelakaan dan pelanggaran hukum yang dilakukannya. Akibatnya, menurut data Nielsen, unique visitor di situs pribadi Woods meningkat dari hanya 11.000 menjadi 488.000.

Demikian pula halnya dengan situs Orlando Sentinel, situs lokal kediaman Woods, mendapatkan anugerah dikunjungi oleh 1,2 juta unique visitor dalam seminggu sepanjang berita Woods mulai hangat. Angka ini meningkat 2,5 kali lipat dibanding sebelumnya.

Tidak hanya situs yang berdekatan dengan Woods, situs infotainment macam TMZ.com dan Deadspin.com pun mendapatkan berkah serupa. Situs yang selama sepekan menampilkan 50 persen berita mengenai Woods itu sempat mengalami peningkatan unique visitor hingga 3 kali lipat. Demikian data dari Hitwise.

Google dan Yahoo tidak jauh berbeda. Yahoo misalnya, pencarian dengan menggunakan nama Woods meningkat 4.000 kali lipat sepanjang 30 hari ini. Angka ini tidak jauh berbeda dengan yang dialami Google, mesin pencarian yang digunakan oleh lebih dari 80 persen pengguna internet di dunia.

Menurut CEO Yahoo Carol Bartz, peningkatan trafik pencarian Woods ini memang belum seberapa dibanding dengan trafik saat Michael Jackson meninggal atau ketika inagurasi Presiden ke-44 Amerika Barack Obama. Namun begitu, berita-berita mengenai Woods cukup membantu Yahoo meningkatkan revenue dari iklan.

"Bisa dibayangkan, bagaimana caranya kita mencuri kesempatan mendapatkan uang dari kesedihan masyarakat karena kehilangan penyanyi yang mereka sayangi (Michael Jackson). Berbeda dengan berita mengenai skandal seseorang, yang memang ingin diketahui banyak orang," ujar Bartz.

Situs khusus Golf milik Time Warner, Golf.com juga mengalami peningkatan hingga tujuh kali lipat menjadi 2,4 juta unique visitor per bulan. ( okezone.com )