12 Juta Manusia Mengirim Pesan Kepada Makhluk Luar Angkasa

12 Juta Manusia Mengirim Pesan Kepada Makhluk Luar Angkasa -- Pesan-pesan dikirim ke sebuah planet berjarak 20 tahun cahaya dari bumi dengan harapan pesan-pesan itu akan mencapai makhluk angkasa luar yang intelijen.

Sekitar 501 foto, gambar dan pesan dengan teks ditransmisikan hari Kamis oleh sebuah teleskop-radio raksasa di Ukraina yang biasanya digunakan untuk melacak asteroid.


http://koran.republika.co.id/images/news/2008/10/20081010165236.jpg

Segala jawaban terhadap pesan-pesan itu, yang dikumpulkan lewat kompetisi dari situs sosial Bebo, baru akan bisa diterima kembali di bumi 40 tahun lagi.

Kompetisi bernama A Message From Earth itu, mengundang pengguna Bebo yang berjumlah 12 juta orang agar mengirim pesan-pesan apapun yang ingin mereka sampaikan kepada makhluk-makhluk angkasa luar.

Topik yang diterima beragam, dari masalah lingkungan, politik dan keamanan dunia sampai hubungan keluarga dan ciuman pertama bagi sang pengirim.

Setelah dikirim dalam format binari, 500 pesan yang dipilih akan melakukan perjalanan berjarak 120 trilyun mil ke angkasa luar setelah dikirim lewat gelombang radio berkekuatan tinggi dari teleskop radar RT-70 milik Badan Antariksa Ukraina di Evpatoria.

Setelah diluncurkan pukul 0600 GMT atau 1300 WIB Kamis, komandan misi Bebo Oli Madgett mengatakan, pesan itu "akan melewati bulan dalam 1,7 detik, Mars dalam empat menit dan akan meninggalkan Tata Surya sebelum siang hari WIB Jumat".

Para penyelenggara berharap paket teknologi tinggi ini akan mencapai targetnya, Planet Gliese 581C, di awal tahun 2029.

Juru bicara Bebo Mark Charkin mengatakan: "A Message From Earth memberikan kesempatan bagi para pengguna sistim digital saat ini.... untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan tata surya." (bbc/ah)

loading...

This article may also you need...!!!




No comments:

Post a Comment