Enter your email address:

Cara Cepat Melunasi Hutang

Cara Cepat Melunasi Hutang - Jangan takut jika Anda saat ini sedang dalam kondisi “berhutang”, “You are not alone!” Percaya atau tidak, diluar sana terdapat banyak orang yang sedang mengalami hal yang sama seperti Anda. Tak peduli berapa besar hutang Anda tapi yang paling penting adalah bagaimana cara kita “memanage” hutang tersebut. Berikut saya berikan beberapa tips bagaimana Anda bisa melunasi hutang Anda.



http://warta.com/wp-content/uploads/2010/08/caramelunasihutang.jpg


Hitung berapa besar hutang Anda


Banyak orang bahkan tidak tahu berapa besar hutang mereka, atau bahkan lebih banyak orang yang seolah-olah menutup mata untuk tidak membicarakannya. Percayalah, untuk dapat memanage hutang Anda maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah “menghitung seberapa besar hutang Anda”. Saya sarankan Anda mulai mengumpulkan semua tagihan Anda, dan mencatat semua hutang Anda secara terperinci dalam sebuah buku khusus.



Hitung berapa besar kebutuhan hidup Anda


Berapa besar uang yang bisa Anda peroleh setiap bulannya? uang ini tidak mesti dari gaji lho, akan tetapi bisa dari sumber lain yang kira-kira bisa Anda dapatkan secara teratur. Kemudian hitung berapa kebutuhan hidup Anda perbulan, prioritas yang utama adalah untuk makan, kemudian biaya sekolah anak (jika Anda punya anak), pembayaran tagihan (misal listrik, air, cicilan rumah, dan sebgainya), dan terakhir sisihkan sedikit untuk ditabung (jika ada). Kurangi pendapatan Anda dengan total biaya bulanan Anda, selisih yang Anda dapatkan adalah uang yang tersedia untuk mencicil utang Anda.



Ubah gaya hidup Anda


Karena Anda sedang berhutang maka Anda tidak seharusnya mempertahankan pola hidup Anda yang lama, ini tidak berarti Anda harus benar-benar “mengencangkan ikat pinggang” secara serius, akan tetapi ubahlah gaya hidup Anda, misalnya dari yang suka menonton 4x dalam sebulan Anda bisa menguranginya menjadi 1x, bila Anda suka makan diluar maka kurangilah kegiatan itu dan cobalah untuk memasak sendiri makanan Anda, atau hilangkan budget untuk membeli pakaian baru selama misalnya 6 bulan, dan sebagainya. Dengan cara ini maka selisih uang yang bisa Anda pakai untuk membayar hutang (pada langkah no. 2 ) akan semakin besar, artinya hutang Anda pun dapat segera terlunasi.



Cari pekerjaan sampingan jika perlu


Jika Anda masih memiliki banyak waktu luang (misalnya pada hari sabtu dan minggu) maka saya sarankan Anda mencari kerja sampingan, tujuan kerja sampingan ini adalah untuk mendapatkan ekstra “uang tunai” yang dapat dipakai untuk membayar hutang Anda. Semakin banyak uang yang Anda bayarkan untuk hutang Anda maka semakin cepat Anda melunasi hutang Anda.



Cari bantuan seorang “Perencana Keuangan”


Seperti halnya seorang yang mengalami kecanduan dengan obat, maka bila Anda sedang mengalami persoalan hutang yang tidak dapat Anda selesaikan sendiri maka saya sarankan Anda menyewa seorang “Perencana Keuangan”. Duduklah bersama dengan perencana keuangan untuk membahas hutang-hutang Anda dan bagaimana Anda bisa menyelesaikannya. ( warta.com )


This article may also you need...!!!



No comments:

Post a Comment