Inilah Tips Untuk Tetap Cantik Walau Wajah Berjerawat

Inilah Tips Untuk Tetap Cantik Walau Wajah Berjerawat - Hampir semua wanita menyadari bahwa kosmetik memiliki peranan yang cukup penting dalam mempercantik penampilan mereka. Kerap kali, sedikit sentuhan ringan saja, dapat mempengaruhi rona wajah pemakainya, menutupi beberapa kekurangan pada wajah dan kontan membuat seorang wanita merasa lebih cantik dan meningkatkan percaya dirinya.


http://suaramedia.com/images/stories/3berita/1_6_kesehatan/acne_ip.jpg
Lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini juga termasuk dalam mencegah timbulnya jerawat. Jerawat yang tumbuh di wajah dapat membuat penampilan kita menjadi kurang bagus. Selain itu, bekas jerawat biasanya tidak segera hilang dari wajah kita. (foto: beautytwist)

Namun, tidak dapat dipungkiri, bahwa tidak semua kosmetik baik untuk wajah. Banyak kosmetik menyebabkan kulit wajah yang sehat malah menjadi berjerawat. Hal ini disebabkan karena kandungan bahan-bahan kimia dalam kebanyakan produk kosmetik memang dapat menyebabkan jerawat.

Bagi banyak penderita kulit berjerawat, rias wajah yang tebal sering mereka manfaatkan untuk menutupi jerawat mereka, agar menjadi lebih percaya diri. Sayangnya, terkadang hal ini justru berakibat buruk pada kondisi kesehatan kulit wajah yang berjerawat. Bila tidak hati-hati dalam memilih kosmetik, maka penderita kulit berjerawat dapat memperparah kondisi kulitnya.

Jadi, tidak bisa merias wajah saat berjerawat?
Tentu saja tidak demikian. Penderita kulit berjerawat hanya perlu memperhatikan baik-baik kosmetik yang mereka gunakan agar tetap dapat mempercantik diri dan tidak memperparah kondisi kulitnya.

Kulit wajah yang berjerawat memang lebih mudah mengalami penyumbatan pori-pori, pembentukan komedo dan penumpukan sel kulit mati. Untuk itulah kosmetik yang diperlukan untuk kulit wajah berjerawat bukan hanya kosmetik rias melainkan juga kosmetik perawatan.

Kosmetik perawatan mencakup pembersih kulit, pelembab kulit, penipis kulit dan pelindung kulit. Keseluruhan kosmetik perawatan ini ditujukan untuk mengurangi produksi lemak kulit, mengurangi sumbatan di pori-pori kulit, mencegah bakteri masuk ke dalam pori-pori kulit dan mengusahakan berkurangnya peradangan.

Tidak ada larangan untuk memakai kosmetik rias bagi penderita kulit berjerawat. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenisnya. Sebagai contoh adalah pemilihan alas bedak. Penderita kulit berjerawat sering memilih alas bedak berbentuk krim karena bahannya terasa lebih halus ketika diaplikasikan dan dapat memberi efek penutup yang baik. Namun, justru alas bedak berbentuk krim lebih banyak mengandung bahan yang dapat menyebabkan kulit berjerawat. Untuk itulah, penderita kulit berjerawat lebih disarankan untuk menggunakan alas bedak yang berbentuk cair.

Penggunaan pemerah pipi juga patut diperhatikan karena hampir semua pemerah pipi yang dijual di pasaran mengandung bahan pewarna yang dapat menyebabkan jerawat. Penderita kulit berjerawat disarankan untuk memilih alternatif perias mata berwarna merah jambu sebagai pemerah pipi. Hal ini cenderung lebih aman karena rias mata tidak mengandung bahan pewarna yang dapat menyebabkan kulit berjerawat.

Jadi, penderita kulit berjerawat dapat tetap mempercantik diri dengan kosmetik, namun perlu memperhatikan produk-produk kosmetik yang digunakan dan sangat disarankan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter agar tidak memperparah kondisi kulit berjerawat dan dapat disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing penderita.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini juga termasuk dalam mencegah timbulnya jerawat. Jerawat yang tumbuh di wajah dapat membuat penampilan kita menjadi kurang bagus. Selain itu, bekas jerawat biasanya tidak segera hilang dari wajah kita. Maka selain mengobati jerawat yang ada, perlu juga melakukan langkah-langkah pencegahan agar jerawat yang menjengkelkan tidak mengganggu penampilan.

Tips berikut merupakan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat:


Rajin membersihkan wajah

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah kotoran dan bakteri yang menempel di wajah. Dengan mencuci muka atau membersihkan wajah menggunakan susu pembersih dapat segera menyingkirkan kotoran dan bakteri yang ada.

Singkirkan rambut dari wajah

Rambut akan menjadi kotor dan berminyak saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Bila rambut menyentuh wajah, maka kotoran tersebut dapat pindah ke wajah kita dan dapat menimbulkan jerawat.

Cuci sarung bantal dan seprei secara teratur

Rambut yang kotor atau wajah yang tidak bersih dapat menyebabkan kuman dan kotoran berpindah di sarung bantal atau seprei saat kita menggunakan bantal. Kemudian, pada saat yang lain saat wajah menempel di bantal, kotoran tersebut kembali menempel di wajah kita.

Minum 8 gelas air sehari

Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada di tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Menggunakan masker pencegah jerawat secara teratur

Dengan menggunakan masker madu dan jeruk nipis. Hal ini dapat membantu menghilangkan bakteri dan minyak di wajah.

Kurangi penggunaan kosmetik

Menggunakan kosmetik dapat menyumbat pori-pori wajah. Sumbatan ini membuat pori-pori tidak bernafas dengan baik. Pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air yang dapat mengurangi potensi timbulnya jerawat dibanding kosmetik yang berbahan dasar minyak.

Jangan pencet jerawat yang ada

Tangan yang kotor saat anda memegang dan memencet jerawat memicu meningkatnya minyak dan kotoran di wajah. Saat memencet jerawat, lapisan yang ada di bawah kulit dapat menjadi rusak dan menyebabkan minyak wajah menyebar ke bagian lain dari wajah sehingga jerawat timbul semakin banyak. ( suaramedia.com )


loading...

This article may also you need...!!!




No comments:

Post a Comment